Written by Iskandar Sampono Batuah
Bismillahirrahmanirrahim….
Tambo ini saya ambil dari sidang millis kurainet@yahoogroups.com
Assalaamu’alaikum
Warahmatullaahi Wabarakaatuh.Untuak nan alun panah
mandanga/mambaco/mangatahui, tarutamo nan mudo-mudo, ambo sampaikan di
bawah ko tambo Kurai Limo Jorong Bukittinggi, tamasuak sistem
pamarintahan manuruik adaik Kurai Limo Jorong “saisuak”.
Nan
namono tambo memang indak bisa dibuktikan, tapi mudah-mudahan ado
gunono, tarutamo untuak Pemda/DPRD TK.II Bukittinggi tantangan susunan
pamarintahan nagari, sabagai bahan partimbangan untuak baliak ka
pamarintahan nagari manuruik sistem adaik Kurai Limo Jorong.
Tulisan
ko ambo susun basumber dari buku/ketikan nan panah ambo dapek dari
kakak/mamak/urang tuo-tuo di kampuang. Jadi kalau ado nan
takurang-talabiah, ambo manyusun jari nan sapuluah, sabaleh jo kapalo,
maminta maaf talabiah dahulu ka inyiak/nenek, mamak/etek, uda/uni nan
labiah manguasoi/tahu tantangan Kurai Limo Jorong ko.
Ka nan
mudo-mudo ambo manyarankan supayo tulisanko di-copy, di-edit
rancak-rancak, di-print lalu disimpan elok-elok untuk anak-cucu nanti.
Disimpan untuak ka dibaco-baco di kalangan sandiri sajo, jan sampai
di”pajua-balian”, sabab ambo indak tau sia nan punyo “copy-right”no.
Wassalam,
St. Batuah (57 th).
Berdasarkan
penuturan Dt. Saribasa yang bersumber pula dari Dt. Mangulak Basa dan
kemudian ditulis oleh Dt. Rangkayo Tuo, disebutkan bahwa yang mula-mula
datang untuk bermukim di Kurai Limo Jorong adalah dua rombongan yang
datang dari Pariangan Padang Panjang. Kedua rombongan itu yang
berjumlah kurang aso saratuih (+100) orang, mula-mula menuju Tanjung
Alam dalam Nagari Sungai Tarap, sesudah itu terus menuju ke suatu
tempat yang bernama Padang Kurai. Disini rombongan itu kemudian terbagi
dua, yaitu Rombongan Pertama menuju ke Tanjung Lasi dan Rombongan
Kedua menuju ke Biaro Gadang.
Rombongan pertama, yang dikepalai
oleh Bandaharo nan Bangkah, dari Tanjung Lasi terus ke Kubang Putih,
kemudian terus ke hilir, berhenti di suatu tempat yang dinamai Gurun
Lawik (daerah Kubu Tinggi sekarang dalam Jorong Tigo Baleh).
Selanjutnya perjalanan diteruskan melalui Babeloan, berbelok ke Puhun
(Barat) dan sampailah di suatu tempat yang kemudian diputuskan untuk
bermukim di situ. Tempat itu oleh Bandaharo nan Bangkah dinamai Koto
Jolong (Pakan Labuah sekarang, dalam Jorong Tigo Baleh). Rombongan yang
datang dari arah Mudik (Selatan) ini adalah rombongan yang pertama
yang sampai di Kurai Limo Jorong.
Rombongan kedua dipimpin oleh
Rajo Bagombak gelar Yang Pituan Bagonjong. Ibunda Yang Pituan Bagonjong
bernama Puti Ganggo Hati dan adiknya bernama Puti Gumala Ratna Dewi
juga ikut dalam rombongan. Dari Biaro Gadang, yaitu dari arah Ujung
(Timur), rombongan ini kemudian menuju ke suatu tempat yang dinamai
Pautan Kudo (daerah persawahan di Parit Putus sekarang ini dan menjadi
pusaka turun temurun Yang Dipituan Bagonjong), yaitu tempat dimana Yang
Pituan Bagonjong menambatkan kudanya untuk beristirahat terlebih
dahulu. Kemudian perjalanan diteruskan menuju ke suatu tempat yang
dinamai Koto Katiak dan akhirnya sampai juga di Koto Jolong.
Setelah
kedua rombongan berkumpul kembali maka terasa tempat permukiman tidak
mencukupi untuk semua anggota rombongan, sehingga perlu diadakan
musyawarah untuk bermufakat tentang pengembangannya. Dicapailah kata
mufakat untuk membuat sebuah perkampungan lagi di sebelah Hilir (Utara)
yang kemudian diberi nama Gobah Balai Banyak (Balai Banyak sekarang,
dalam Jorong Tigo Baleh). Perkampungan ini dibatasi parit di sebelah
Ujung (Timur) yang dinamai Parit Tarantang (Parik Antang sekarang,
dalam Jorong Tigo Baleh) dan parit di sebelah Puhun (Barat) yang
dinamai Parit Tuo (Tambuo sekarang).
Setelah beberapa lama
kemudian diadakan lagi mufakat untuk memilih dan mengangkat beberapa
orang menjadi Tuo-tuo yang akan mengurus kedua rombongan itu
sehari-harinya. Hasil mufakat menetapkan sejumlah 13 orang yang disebut
Pangka Tuo, yaitu 6 orang untuk ditempatkan di Hilir (Utara) dan 7
orang untuk ditempat-kan di sebelah Mudik (Selatan) dan
masing-masingnya diberi gelar Datuak. Semua Pangka Tuo tersebut adalah
saadaik salimbago (berada dalam satu kelembagaan) yang disebut Panghulu
Nan Tigo Baleh. Dari nama kelembagaan tersebut maka daerah pemukiman
itu kemudian diberi nama Tigo Baleh (Tiga Belas).
Adapun 6 orang Pangka Tuo yang di Hilir (Urang Nan Anam) adalah:
Dt. Gunung Ameh / Dt. Indo Kayo
Dt. Mangkudun
Dt. Panduko Sati
Dt. Sikampuang
Dt. Mangulak Basa
Dt. Sari Basa
Sedangkan 7 orang Pangka Tuo yang di Mudiak (Urang Nan Tujuah) adalah:
Dt. Rangkayo Basa
Dt. Nan Adua
Dt. Mantiko Basa / Dt. Kapalo Koto
Dt. Asa Dahulu
Dt. Maruhun
Dt. Pado Batuah
Dt. Dunia Basa
Sebutan
Urang Nan Anam dan Urang Nan Tujuah sampai sekarang masih tetap
dipakai untuk menunjukan keutamaan gelar kepenghuluan yang bersangkutan
sebagai gelar pusaka yang diwarisi dari Tuo-tuo yang mula-mula datang
bermukim di Kurai Limo Jorong, terutama dalam mengatur posisi duduk
dalam pertemuan adat (Lihat “Acara Adat Mendirikan Penghulu”).
Sesuai
ketentuan di ranah Minang pada umumnya, perkawinan hanya diperbolehkan
antar suku, sedangkan kesukuan ditentukan berdasarkan garis keturunan
ibu. Jumlah suku seluruhnya ada 9 suku yaitu:
1. Suku Guci
2. Suku Pisang
3. Suku Sikumbang
4. Suku Jambak
5. Suku Tanjuang
6. Suku Salayan
7. Suku Simabua
8. Suku Koto
9. Suku Malayu
Dari
hasil perkawinan antar suku tersebut, para pemukim di Tigo Baleh
mempunyai keturunan yang makin lama makin banyak. Pemukiman yang semula
hanya di dua tempat, yaitu Pakan Labuah dan Balai Banyak, meluas mulai
dari daerah Parak Congkak, Ikua Labuah sampai ke Kapalo Koto. Akhirnya
dalam Kerapatan Adat yang diadakan di Parak Congkak diputuskan untuk
memindahkan sebagian pemukim menyeberangi parit Tambuo ke sebelah Puhun
(Barat), untuk membuka tempat-tempat pemukiman baru.
Sistem Pemerintahan Menurut Adat Kurai Limo Jorong
Seluruh
daerah pemukiman, termasuk Tigo Baleh, kemudian diberi nama Kurai dan
dibagi menjadi 5 bagian, masing-masing disebut Jorong atau Nagari
(sehingga disebut juga Kurai Limo Jorong). Kelima jorong tersebut
masing-masing kemudian diberi nama:
1. Jorong Mandiangin
2. Jorong Guguk Panjang
3. Jorong Koto Salayan
4. Jorong Tigo Baleh
5. Jorong Aur Birugo
Dalam
Kerapatan Adat tersebut juga diputuskan bahwa tatkala sebagian dari
Panghulu nan Tigo Baleh akan meninggalkan Tigo Baleh maka kelembagaan
tersebut terbagi menjadi 2 bagian yaitu Panghulu nan Tigo Baleh di
Dalam dan Panghulu nan Tigo Baleh di Lua.
Panghulu Nan Tigo Baleh
di Dalam adalah sebagian aggota Panghulu nan Tigo Baleh yang tetap
tinggal di Tigo Baleh ditambah dengan beberapa orang Tuo-tuo sebagai
penghulu yang baru, semuanya berjumlah 14 orang. Sedangkan Panghulu
Tigo Baleh di Lua adalah sebagian anggota Panghulu nan Tigo Baleh yang
meninggalkan Tigo Baleh, ditambah dengan beberapa orang Tuo-tuo sebagai
penghulu yang baru, yang ikut pindah ke jorong-jorong yang lainnya,
semuanya berjumlah 12 orang.
Selanjutnya dalam setiap Jorong
diangkat masing-masing 4 orang Pangka Tuo Nagari yang secara
kelembagaannya seluruhnya disebut Panghulu nan Duopuluah sebagai
berikut:
1. Jorong Mandiangin
- Dt. Malako Basa suku Pisang
- Dt. Dadok Putiah suku Pisang
- Dt. Majo Labiah suku Sikumbang
- Dt. Barbangso suku Tanjuang
2. Jorong Koto Salayan
- Dt. Nan Basa suku Pisang
- Dt. Kampuang Dalam suku Koto
- Dt. Kuniang suku Guci
- Dt. Nan Gamuak suku Salayan
3. Jorong Guguak Panjang
- Dt. Nagari Labiah suku Jambak
- Dt. Pangulu Basa suku Jambak
- Dt. Majo Sati suku Tanjuang
- Dt. Subaliak Langik suku Guci
4. Jorong Aur Birugo
- Dt. Majo Nan Sati suku Guci
- Dt. Sunguik Ameh suku Pisang
- Dt. Tan Ameh suku Jambak
- Dt. Malayau Basa suku Simabua
5. Jorong Tigo Baleh
- Dt. Mangkudun suku Guci
- Dt. Indo Kayo Labiah suku Pisang
- Dt. Rangkayo Basa suku Sikumbang
- Dt. Nan Adua suku Koto
Selang
beberapa lama kemudian terbentuklah secara mufakat Penghulu nan Duo
Puluah Anam, yaitu suatu lembaga yang akan menjalankan adat di Kurai
Limo Jorong. Lembaga ini terdiri dari 26 orang penghulu, yaitu:
“Penghulu nan Balimo” atau sekarang disebut Pucuak Nan Balimo
“Manti nan Sambilan” atau sekarang disebut Panghulu nan Sambilan
“Dubalang nan Duo Baleh” atau sekarang disebut Panghulu nan Duo Baleh
Disamping
itu ada lagi yang disebut “Pangka Tuo Nan Saratuih”, yaitu Niniak
Mamak yang di masing-masing jorong berfungsi sebagai Pangka Tuo Kubu,
Pangka Tuo Hindu, Pangka Tuo Kampuang dan Pangka Tuo Banda.
Pangka
Tuo Kubu dan Pangka Tuo Hindu berkuasa di tempatnya (kubu)
masing-masing. Pangka Tuo Kubu yang tertinggi adalah Dt. Samiak dan Dt.
Balai.
Pangka Tuo Kampuang berkuasa di kampung masing-masing,
bekerja sama dengan Pangka Tuo Kubu dan Pangka Tuo Hindu. Dt. Panduko
Sati (Tanjuang) adalah Pangka Tuo Kampuang yang tertinggi di Kurai.
Pangka
Tuo Banda adalah terutama berfungsi di daerah persawahan, yaitu
diangkat untuk mengatur secara teknis pembagian air ke sawah-sawah.
Pangka
Tuo Nagari yang berkuasa penuh di Jorong (nagari) masing-masing
dibantu serta bekerjasama dengan Pangka Tuo Kampuang, Pangka Tuo Kubu
dan Pangka Tuo Hindu. Dalam kerjasama tersebut dipimpin oleh Penghulu
Pucuak yang ada dalam Jorong yang bersangkutan.
Dengan demikian maka tingkatan kepenghuluan di Kurai Limo Jorong adalah sebagi berikut:
1. Penghulu Pucuak Nan Balimo
2. Penghulu Pucuak nan Sambilan
3. Penghulu Pucuak nan Duo Baleh
4. Empat penghulu yang dianggap termasuk Nan Duo Baleh atau Nan Duo Puluah Anam.
5. Ninik Mamak Pangka Tuo Nagari
6. Ninik Mamak Pangka Tuo Kampuang
7. Ninik Mamak Pangka Tuo Kubu
8. Ninik Mamak Pangka Tuo Hindu
Pangka
Tuo Banda tidak termasuk dalam tingkatan kepenghuluan karena penghulu
ini hanya mempunyai tugas dan kewajiban khusus menyangkut teknis
pengairan dan tidak mempunyai wewenang dan tanggung jawab dari segi
adat.
Semuanya itu disebut Niniak Mamak nan Balingka Aua yang
dengan Panghulu nan Duo Puluah Anam merupakan Pucuak Bulek Urek
Tunggang dalam Lembaga Kerapatan Adat Kurai Limo Jorong.
Semua
penghulu disebut “nan gadang basa batuah”. Yang meng”gadang”kan adalah
bako dan anak pusako, yang mem”basa”kan adalah nagari dan yang
me”nuah”kan adalah anak kamanakan.
Pucuak Nan Balimo
Pucuak nan Balimo adalah pimpinan adat tertinggi di Kurai Limo Jorong yang aggotanya terdiri dari:
- Dt. Bandaharo suku Guci
- Dt. Yang Pituan suku Pisang
- Dt. Sati suku Sikumbang
- Dt. Rajo Mantari suku Jambak
- Dt. Rajo Endah suku Tanjuang
Pucuak
Bulek nan Balimo diketuai oleh Dt. Bandaharo. Setiap keputusan yang
telah dimufakati oleh Penghulu Pucuak nan Sembilan serta Penghulu
Pucuak nan Duo Baleh mula-mula dihantarkan kepada Dt. Rajo Endah,
kemudian diteruskan kepada Dt. Rajo Mantari, selanjutnya kepada Dt. Sati
dan kemudian kepada Dt. Yang Pituan sebelum akhirnya kepada Dt.
Bandaharo untuk diputuskan secara bulat, sarupo pisang gadang, dibukak
kulik tampak isi, lalu dimakan habih-habih.
Dt. Bandaharo disebut pusek jalo pumpunan ikan, mamacik kato nan bulek. Juga dikenal sebagai nan basawah gadang.
Dt.
Yang Pituan, dikenal sebagai nan batabuah larangan karena tugasnya
untuk mengumpulkan / memanggil seluruh ninik-mamak / penghulu Kurai
Limo Jorong untuk hadir dalam suatu acara adat, dibantu oleh Dt.
Panghulu Sati dan Dt. Panghulu Basa.
Dt. Sati, dikenal sebagai nan
bapadang puhun atau bapadi sakapuak hampo, baameh sapuro lancuang dan
tetap di Campago, Mandiangin, sehingga disebut juga gadang sabingkah
tanah di Mandiangin.
Dt. Rajo Mantari, dikenal sebagai nan baguguak panjang dan dikatakan gadang sabingkah tanah di Guguak Panjang.
Dt. Rajo Endah, dikenal sebagai nan babonjo baru (di daerah Tarok).
Panghulu Pucuak Nan Sambilan
Panghulu
Pucuak nan Sambilan berfungsi untuk membulatkan keputusan hasil
mufakat Panghulu nan Duo Baleh, bulek sarupo Inti, sebelum dihantarkan
kepada Pucuak Bulek nan Balimo. Yang termasuk Panghulu nan Sambilan
adalah:
- Dt. Pangulu Sati suku Tanjuang
- Dt. Maharajo suku Guci
- Dt. Batuah suku Sikumbang
- Dt. Kayo suku Jambak
- Dt. Sinaro suku Simabua
- Dt. Putiah suku Pisang
- Dt. Nan Baranam suku Salayan
- Dt. Bagindo Basa suku Koto
- Dt. Rajo Mulia suku Pisang
Dt. Pangulu Sati adalah pimpinan adat Panghulu nan Sambilan.
Dt. Maharajo menguatkan pimpinan adat, memimpin penyelesaian masalah-masalah adat dibantu oleh Dt. Batuah dan Dt. Kayo.
Dt.
Panghulu Sati, Dt. Maharajo, Dt. Batuah dan Dt. Kayo disebut manti
atau Basa Ampek Balai, yang berfungsi untuk mengambil keputusan menurut
adat.
Dt. Sinaro bersama-sama Dt. Putiah mengambil keputusan
menurut adat, salangkah indak lalu, satapak indak suruik, maampang
tuhua mamakok mati dan buliah suruik lalu.
Dt. Nan Baranam dikenal bataratak bakoto asiang.
Dt. Bagindo Basa dikenal baparik bakoto dalam.
Dt. Rajo Mulia dikenal sebagai nan bungsu dari nan sambilan.
Panghulu Pucuak Nan Duobaleh
Panghulu
Pucuak nan Duo Baleh berfungsi untuk merumuskan keputusan hasil
mufakat Panghulu nan Sambilan, mamicak-micak sarupo Pinyaram, sebelum
dihantarkan kepada Panghulu Pucuak nan Sambilan. Yang termasuk Panghulu
nan Duo Baleh adalah:
- Dt. Malaka suku Guci
- Dt. Pangulu Basa suku Sikumbang
- Dt. Simajo Nan Panjang suku Tanjuang
- Dt. Rangkayo Nan Basa suku Jambak
- Dt. Garang suku Koto
- Dt. Bagindo suku Pisang
- Dt. Tan Muhamad suku Salayan
- Dt. Nan Angek suku Pisang
- Dt. Panjang Lidah suku Simabua
- Dt. nan Labiah suku Pisang
- Dt. Palimo Bajau suku Tanjuang
- Dt. Tumbaliak suku Guci
Dt. Malaka, Dt. Panghulu Basa, Dt. Rangkayo Basa dan Dt. Simajo nan Panjang juga disebut Basa Ampek Balai.
Dt.
Bagindo, dalam acara Mendirikan Penghulu adalah penghulu yang pertama
menerima bagian daging dan tidak seperti untuk penghulu yang lainnya
daging tersebut dicincang terlebih dahulu. Dt. Bagindo juga berfungsi
menyelesaikan perselisihan yang terjadi di antara penghulu-penghulu di
Kurai Limo Jorong. Disamping itu setiap kali mengadakan pertemuan
antara penghulu-penghulu, untuk acara apapun, Dt. Bagindo juga
berfungsi menyediakan makanan/minuman. Untuk itu Dt. Bagindo mempunyai
sawah paduan yaitu sawah yang hasilnya oleh Dt. Bagindo digunakan untuk
membiayai penyelenggaraan setiap pertemuan tersebut. Dt. Bagindo
dibantu oleh Dt. Putiah dan Dt. Rajo Mulia.
Dt. Simarajo Nan
Panjang pada masa dahulu adalah penghulu yang jabatannya menguasai
semua kubu-kubu di Kurai Limo Jorong dan menjagainya.
Dt. Nan Angek dan Dt. Putiah disebut urang Pisang ampek rumah.
Dt. Panghulu Basa dan Dt. Batuah disebut bagobah di Balai Banyak.
Dt. Garang dan Dt. Bagindo Basa baparik Koto Dalam.
Dt. Tan Muhamad disebut babingkah tanah dan adalah panghulu yang bungsu di antara Panghulu Nan Duo Baleh.
Termasuk
juga dalam Panghulu Nan Duo Baleh adalah Dt. Batuduang Putiah
(Pisang), Dt. Nan Laweh (Pisang), Dt. Asa Basa (Jambak) dan Dt Majo
Basa (Jambak). Kalau ada acara meresmikan Pangka Tuo Banda secara adat,
maka ke-empat penghulu ini bekerjasama satu sama lain menjadi cancang
mahandehan, lompek basitumpu. Yang tertinggi atau sebagai pimpinan
dalam kerjasama di antara ke-empat penghulu ini, adalah Dt. Batuduang
Putih.
Acara Adat Mendirikan Panghulu
Acara adat mendirikan
penghulu adalah acara adat dalam rangka “mengukuhkan” pemakaian gelar
pusaka oleh seseorang yang sebelumnya telah dicalonkan menjadi seorang
Penghulu/Ninik mamak sehingga untuk selanjutnya penghulu yang
bersangkutan berwenang dan bertanggung-jawab melaksanakan tugas dan
kewajibannya dalam menjalankan adat sesuai menurut tingkatannya di
Kurai Limo Jorong.
Umumnya acara adat mendirikan penghulu diadakan
dalam bentuk sebuah perhelatan di sebuah Rumah Gadang yang
sekurang-kurangnya berukuran tigo ruang. Rumah Gadang yang digunakan
tersebut batirai balangik-langik, batabia bapaka, badulang badalamak,
bacerek bacarano, baaguang batalempong, bamarawa bagaba-gaba,
bapayuang-panji bapaga-jendela.
Setiap rumah gadang terdiri dari
tigo ririk dan tempat duduk para penghulu diatur oleh juaro sesuai
menurut kategori masing-masing penghulu sebagai Panghulu Nan Tigo
Baleh, yaitu:
Ririk Satu, yaitu di sebelah biliak (ruang tidur)
adalah tempat duduk yang disediakan untuk Ninik Mamak yang termasuk
Panghulu Nan Anam.
Ririk Duo, yaitu sebelah pintu ke kanan adalah tempat duduk yang disediakan untuk Ninik Mamak yang termasuk Panghulu Nan Tujuah.
Ririk
Tigo, yaitu di ruang tengah adalah tempat duduk yang disediakan untuk
Ninik Mamak yang termasuk Panghulu Nan Anam & Nan Tujuah.
Tergantung tingkatan gelar pusaka yang akan dikukuhkan, acara perhelatan adat Mendirikan Penghulu dibedakan atas:
Mendirikan Panghulu Pucuak Nan Balimo dan atau Panghulu Pucuak Nan Sambilan
Acara
ini diselenggarakan dengan memotong satu ekor kerbau dan satu ekor
sapi. Daging kerbau untuk dibagi-bagikan kepada seluruh Ninik Mamak di
Kurai Limo Jorong, sedangkan daging sapi untuk dimasak dan kemudian
dimakan habis.
Mendirikan Panghulu Nan Duo Baleh
Acara ini diselenggarakan dengan memotong satu ekor Sapi untuk dimasak dan kemudian dimakan habis.
Mendirikan Panghulu Urek Tunggang
Acara ini diselenggarakan cukup dengan menyediakan kepala kerbau untuk dimasak dan kemudian dimakan habis.
Dilihat dari sifat dan latar belakang diadakannya, acara mendirikan Panghulu dapat dibedakan lagi sebagai berikut:
Patah Tumbuah, Hilang Baganti
Diadakan
karena penghulu yang memakai gelar pusaka yang bersangkutan telah
meninggal dunia. Patah tumbuah artinya dari yang patah itu tumbuh
penggantinya, yaitu dari kapalo ka bahu, dari mamak ka kamanakan artinya
calon penggantinya adalah generasi langsung dalam garis keturunan ibu.
Hilang Baganti artinya bila tidak ada lagi generasi yang berikutnya
secara langsung dari garis keturunan ibu atau disebut sudah punah, maka
dicarikan penggantinya yang sagagang atau yang yang basabalahan gagang
dari penghulu yang meninggal. Gelar pusaka yang bersangkutan dipakaikan
kepada calon penggantinya pada waktu memandikan jenazah dan acara
Mendirikan Penghulu dilkasanakan pada waktu “tanah pemakaman masih
merah”. Acara ini dilaksanakan menurut adat disebut sasukek hanguih,
sarandam basah, artinya “perhelatan sekali habis”.
Hiduik Bakarilahan, Mati Batungkek Budi
Diadakan
karena penghulu yang memakai gelar pusaka yang bersangkutan, oleh
karena sesuatu hal perlu diganti atau dipindahkan gelarnya kepada orang
lain. Hiduik bakarilahan artinya penghulu yang bersangkutan sudah
tidak kuasa lagi memikul tugas dan tanggung-jawab menjalankan adat,
bukik nan didaki alah tinggi, lurah nan dituruni alah dalam. Acara
perhelatannya menurut adat balapiak basah badaun cabiak (seperti
perhelatan menyempurnakan penghulu). Yang dimaksud mati batungkek budi
adalah dari mamak ke kemenakan atau ke cucu dan seterusnya dari garis
keturunan ibu. Acara perhelatannya sama dengan acara perhelatan patah
tumbuh hilang baganti.
Gadang Balega, Pusako Basalin
Yang
dikatakan gadang balega yaitu kalau seorang penghulu telah sempurna
menurut adat (telah “berhelat”), kalau dia meninggal maka gelar
pusakanya dipakaikan kepada legarannya. Yang dikatakan pusako basalain
yaitu kalau seorang penghulu meninggal maka harta pusaka peninggalannya
jatuh kepada warisnya menurut adat. Acara perhelatannya menurut adat
cukup sesuai rukun dan syaratnya seperti perhelatan menyempurnakan
penghulu.
Gadang Samparono, Tungkek Badiri
Yaitu bilamana
seorang penghulu pucuak telah sempurna menurut adat (telah “berhelat”),
maka didirikan tungkek sebagai pengganti. Kalau penghulu yang
bersangkutan meninggal maka tungkek tersebut dipakaikan kepada
legarannya. Acara perhelatannya sama seperti perhelatan gadang balega
pusako basalin.
Lamah Bapandano, Condong Bapanungkek
Yaitu
bilamana seorang penghulu, oleh karena sesuatu hal, tidak dapat
menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai penghulu, maka penghulu yang
bersangkutan boleh mewakilkannya kepada kemenakan atau cucunya, akan
tetapi wewenang dan tanggung jawab adat tetap dipegang oleh penghulu
yang bersangkutan. Acaranya boleh dengan perhelatan besar atau kecil
asal balapiak basah badaun cabiak.
Mambangkik Batang Tarandam
Yaitu
memakaikan gelar pusaka yang sudah lama tidak dipakai. Perhelatannya
boleh besar atau kecil atau cukup dengan bertahlil saja.